Pengertian dan Jenis-Jenis Limbah

Limbah, hampir setiap kegiatan manusia akan menghasilkan limbah pada dasarnya baik itu dalam pekerjaan maupun aktivitas yang lainnya seperti industri dan juga bekas-bekas sampah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga. Sekarang ini masalah limbah masih sulit untuk di tangani, kebanyakan penanganan limbah hanyalah ditimbun di tempat-tempat terbuka. Akan tetapi tanpa disadari itu justru malah membuat lingkungan menjadi lebih tercemar dan menjadi sumber bahkan wabah perkembangbiakkan para kuman penyakit.

Sekarang mari kita bahas tentang limbah, pada dasarnya limbah merupakan sebuah bahan buangan (sampah) yang sudah tak dipakai lagi atau sisa-sisa dari sebuah usaha maupun kegiatan manusia yang akan berdampak negatif bagi kehidupan manusia dalam jangka waktu yang lama. Air limbah industri dan rumah tangga masih menjadi limbah paling banyak dan tersebar jika tidak dikelola dengan benar maka akan menyebabkan kerugian bagi kesehatan anda juga.

1. Jenis-jenis limbah berdasarkan senyawanya

Berdasarkan jenis senyawanya limbah terdiri menjadi dua jenis yakni limbah organik dan juga anorganik yang dimana jika limbah organik merupakan limbah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun makhluk hidup. Limbah organik dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, perikanan, pertanian dll. Contoh untuk limbah organik adalah sayuran, kulit buah, dedaunan atau sejenisnya, biasanya  limbah seperti ini akan hancur atau membusuk secara alami.

 

Limbah Anorganik berasal dari sumber daya alam yang tak terbarui dari proses industri maupun minyak bumi, bahan-bahan sampah seperti itu biasanya tak terdapat langsung di alami yaitu plastik yang dihasilkan dari proses pembentukan dari bahan baku minyak bumi. Contohnya seperti kaleng, botol kaca, botol plastik, sterophom atau sejenisnya dan biasanya untuk menghancurkan sampah-sampah ini membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih sterophom yang tak bisa dihancurkan.

2. Jenis-jenis limbah berdasarkan wujudnya

Seperti beberapa elemen, jenis limbah berdasarkan wujudnya dibagi menjadi tiga kategori yakni limbah padat, cair dan juga gas. Dari ketiga itu justru banyak sekali yang mengandung racun atau biasa kita sebut dengan limbah B3, limbah B3 sendiri merupakan komponen dari limbah anorganik.

-          Limbah Cair

Sisa-sisa pembuangan (sampah) yang berwujud cairan dibuang dan berasal dari kegiatan rumah tangga, industri atau semacamnya. Jika limbah seperti ini sampai terkena sumber air atau badan-badan air seperti laut maupun sungai akan menyebabkan pencemaran air sehingga akan merusak ekosistem makhluk hidup.

-          Limbah Padat

Biasanya limbah seperti ini mampu membuat pencemaran air, tanah hingga udara karena rendahnya pelayanan umum untuk mengatasi sampah. Klasifikasi limbah padat secara umum dibagi menjadi empat kelompok yakni, Sampah domestik, Sampah industri, Sampah komersial dan Sampah dari bencana.

-          Limbah Gas

Ini yang paling berbahaya, jika limbah-limbah gas ini masuk ke perkotaan akan merusak udara-udara bersih yang ada. Biasanya limbah gas terjadi karena penambahan gas ke dalam udara melebihi kapasitas atau kandungan alaminya seperti bau partikel, uap asam, nitrogen bahkan anda yang buang angin juga merupakan pencemaran udara lho.

3. Jenis-jenis limbah berdasarkan sumbernya

Berdasarkan sumbernya, limbah dibagi menjadi tiga bagian yakni limbah pertanian, limbah domestik dan limbah industri.

-          Limbah Industri

Industri ataupun usaha-usaha beli plywood bertanggung jawab besar atas terjadinya limbah-limbah yang dibuangnya di tempat-tempat terbuka dan mengakibatkan ekosistem kehidupan makhluk hidup menjadi tidak stabil atau bahkan bisa punah jika terus dibiarkan.

-          Limbah Pertanian

Siapa bilang di pertanian tidak menghasilkan limbah? Sisa-sisa dari pertanian seperti pestisida dan pupuk kimia adalah contoh dari limbah pertanian, jika para petani menggunakan pupuk kimia secara tak teratur maka akan membuat struktur tanah menjadi rusak dan kondisi ini akan menyebabkan kesuburan tanah menjadi berkurang dan jika kelamaan akan menghilang

-          Limbah Domestik

Limbah ini dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas rumah tangga, air sisa detergen, sabun-sabun, dll. Limbah-limbah domestik kebanyakan mengandung bahan limbah B3, sebenarnya pemerintah sudah menetapkan aturan tentang penggunaan limbah B3 tapi untuk rumah tangga belum jelas aturannya seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>